Sabtu, 24 September 2016

[2] Event Management

Event/acara dilihat dari sudut pandangan programmer hanya merupakan sesuatu yang terjadi pada selang waktu tertentu, namun ketika dilihat dari sudut pandang end user, event dapat berarti sesuatu yang terjadi di hidupnya ataupun pertemuan baik formal maupun non formal ataupun jadwal pribadi seseorang.
Acara/event yang akan dibahas disini adalah event yang sederhana dimana terdapat registrasi, bersifat semi formal dan dimanage via email.

Berikut adalah contoh use case diagram dari sistem  pembuatan, perencanaan dan managemen sebuah acara/event:


Diagram use case sendiri merupakan pemodelan untuk menggambarkan kelakuan (behavior) sistem  secara keseluran yang akan dibuat. Diagram use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat. Dengan pengertian yang cepat, diagram use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi tersebut.

Dari diagram tersebut terlihat ada 2 aktor penting yang terlibat, yaitu event administrator atau yang lebih sering disebut dengan event organizer dan juga participant atau peserta.

Peserta disini berfungsi sebagai orang yang mendaftar atau mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di event tersebut dan menikmati jalannya acara(apabila peserta tersebut mendaftar).

Sedangkan event organizer/event administrator berfungsi untuk memberitahukan tempat kegiatan juga untuk mengorganisir peserta yang mengikuti acara tersebut.

Untuk managemen acara sendiri diagram use casenya ketika dipisah dari diagram awal akan berubah menjadi seperti ini 



Pihak EO(Event Organizer) akan menanagemen 6 hal yang berhubungan dengan acara.
yang pertama adalah membuat email acara. karena pada contoh ini managemennya melalui email maka pihak EO harus membuat email yang berfungsi untuk mengirim undangan kepada tamu, menerima registrasi dari calon peserta, menyebarkan persyaratan registrasi kepada calon peserta, memberitahukan perubahan-perubahan yang terjadi di acara tersebut kepada peserta dan juga mengorganisir peserta.

Sumber: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjO0Nqug5vPAhUHF5QKHafwAGQQFghHMAk&url=https%3A%2F%2Fgroups.drupal.org%2Ffiles%2FEventsSpec_v2.0.pdf&usg=AFQjCNGCXMlWLODGqoeCjZGbE92Usf4DsA&sig2=LEtZN9bpdGQAwfmtxEbs2w

Tidak ada komentar:

Posting Komentar