Senin, 31 Oktober 2016

[7] RSUD Dr. Soetomo Part 2 (contoh studi kasus analsis sistem informasi)

hai semuanya dan selamat datang kembali di blog saya. pada kesempatan ini saya akan melanjutkan pembahasan saya tentang RSUD Dr. Soetomo( part 1 bisa dilihat disini http://adenuar-purnomo.blogspot.co.id/2016/10/5-rsud-dr-soetomo.html).

sebelum membahasnya saya akan menyampaikan sebuah disclaimer.

DISCLAIMER: postingan ini bukanlah sistem informasi yang sebenarnya dipakai di RSUD Dr. Soetomo(kalau ada yang kebetulan sama, ya sudahlah), melainkan hanyalah analisis saya terhadap klasifikasi sistem informasi dan juga teknologi informasi yang digunakan berdasarkan struktur organisasi RSUD Dr. Soetomo



Berdasarkan struktur organisasi di atas, saya dapat menganalisis beberapa sistem informasi yang diperlukan / yang sudah ada di RSUD Dr. Soetomo. Berikut hasil analisis saya:

  1. Bidang kepegawaian
  2. Bidang perencanaan program
  3. Bidang TU
  4. Bidang Keuangan
  5. Bidang pelayanan medik dan keperawatan
  6. Bidang pemasaran dan rekam medik
  7. Bidang penelitian dan pengembangan

Ada 7 bidang yang membutuhkan sistem informasi(sejauh analisis saya). mari kita bahas 1 per 1 :

          Bidang kepegawaian

Di bidang kepegawaian tentunya kita membutuhkan sistem informasi pegawai dimana sistem informasi ini mengelola pegawai yang ada yaitu informasi pegawai dan struktur kepegawaian termasuk absensi pegawai dan mungkin juga gaji pegawai. Sistem ini dapat dibuat dengan hardware pc/laptop dan mesin absensi sidik jari.

          Bidang perencanaan program

Program-program yang ada di RSUD Dr. Soetomo tentunya dapat dibuatkan sebuah sistem informasi khusus dalam hal perencanaannya, karena tentunya dalam sebuah perencanaan terdapat anggaran negara yang mungkin saja menjadi anggaran siluman apabila tidak ada sistem informasi khusus yang menjaga anggaran tersebut. sistem ini dapat dibuat menyerupai sistem e-budgeting milik pemerintah provinsi DKI Jakarta. Pembuatan sistem ini dapat menggunakan hardware pc/laptop.

          Bidang TU

perlengkapan dan juga asset dari sebuah rumah sakit tentunya banyak, begitu juga dengan obat yang ada, sehingga menurut saya perlu sebuah sistem informasi khusus yang mengatur ketiga hal tersebut, sehingga tidak terjadi kesalahan antara data yang ada dan keadaan riil nya.

          Bidang Keuangan

Sudah cukup jelas bahwa keuangan membutuhkan sistem informasi yang dapat terintegrasi dengan SI pegawai dan SI perencanaan program. Diluar itu bidang keuangan juga memerlukan sistem informasi tersebut untuk mengecek arus dana baik dana keluar maupun dana masuk.

          Bidang pelayanan medik dan keperawatan

Pasien datang dan masih harus menuju bagian registrasi untuk mendaftar, saya rasa hal ini umum terjadi di rumah sakit manapun. dan saya rasa hal ini membutuhkan perubahan berupa sistem informasi registrasi pasien, Mungkin nanti pasien hanya perlu registrasi di sebuah web based aplication yang terintegrasi dengan sistem informasi ini, sehingga ketika pasien datang dia hanya perlu mengambil nomor antrian dan duduk mengantri dengan tenang.

          Bidang pemasaran dan rekam medik

Sistem informasi registrasi diatas, harus diintegrasi kan dengan rekam medik pasien, jadi dokter nantinya hanya perlu login di SI tersebut, dan mencari nama pasien, dan didapatlah rekam medik sang pasien. disini dokter juga dapat mengisi rekam medik terbaru pasiennya, sehingga kita tidak dapat menghemat penggunaan kertas (sebagai media rekam medik yang selama ini sudah ada)

          Bidang penelitian dan pengembangan

di bidang ini, sistem informasi yang digunakan bertujuan untuk mendata dan memberikan pengetahuan tentang penelitian dan pengembangan di bidang medis yang sudah dilakukan oleh dokter di RSUD Dr. Soetomo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar